Rabu, 16 Maret 2016

Jarabu (Jaddah Rasa Buah)



BAB 1
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG MASALAH

Makanan tradisional adalah makanan yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun-temurun, pembuatannya diajarkan dari generasi yang lama kegenerasi yang baru. Sangat disayangkan apabila makanan tradisional yang sudah menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia lama-kelamaan akan menghilang karena kalah saing dengan makanan-makanan yang modern, karena memang masyarakat saat ini lebih cenderung untuk mengkonsumsi makanan yang lebih menarik tampilannya dan juga lebih fariasi rasanya.
Salah satu contoh makanan tradisional yang saat ini hampir hilang adalah “Jadah”. JADAH adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat dari nasi ketan yang sudah dikukus lalu ditumbuk, makanan ini disajikan saat acara-acara yang penting, misalnya saat pernikahan, saat pegajian atau acara-acara besar lainnya. Karena terbuat dari ketan maka kandungan yang terdapat dalam makanan ini adalah karbohidrat yang tinggi,tetapi sayangnya makanan ini kurang diminati karena memang tidak ada rasa yang lain kecuali rasa ketan itu sendiri yang bagi masyarakat kurang menarik. Maka perlu dilakukan inovasi rasa pada makanan ini dan diberi nama JARABU “Jadah Rasa Buah”.
JARABU “Jadah Rasa Buah” ini terbuat dari ketan yang telah dikukus lalu dicampur dengan aneka rasa buah yang telah diblender dan dimasak setelah dicampur lalu ditumbuk sampai halus dan merata. JARABU ini memiliki kelebihan yang sama dengan makanan aslinya yaitu tahan lama tetapi memiliki rasa buah yang beraneka, selain itu cara makannya juga menggunakan gula jawa yang dicairkan sehingga menambah kenikmatan dari JARABU ini. Masyarakatpun dapat melestarikan makanan tradisional dan juga tetap mendapatkan nutrisi yang lebih.

B.     PERUMUSAN MASALAH

1.      Bagaimanakah menciptakan JARABU yang higinies dan nikmat untuk dikonsumsi?
2.      Bagaimanakah metode pelaksanaan produksi JARABU?
3.      Bagaimanakah strategi pemasaran yang akan kami gunakan untuk memperkenalkan inovasi JARABU ini pada masyarakat?
C.    TUJUAN

1.      Menciptakan JARABU yang higinies dan nikmat untuk dikonsumsi.
2.      Melaksanakan metode produksi JARABU.
3.      Mengetahui dan menerapkan strategi pemasaran untuk memperkenalkan inovasi JARABU pada masyarakat.

D.    Luaran yang diharapkan

Dengan usaha ini diharapkan makanan tradisional dapat berkembang dimasyarakat lagi, dan juga minat pada makanan tradisional “Jadah” dapat tumbuh lagi dikalangan masyarakat. JADAH RASA BUAH atau JARABU ini akan diproduksi dengan berbagai rasa buah.misalnya buah naga, mangga, dan jambu, tetapi untuk langkah awal hanya akan diproduksi dengan dua rasa terlebih dahulu, yaitu buah naga dan mangga. selain itu warna dari JARABU sendiri bervariasi dan alami karena warna diperoleh dari buah yang dicampurkan itu tadi. Jadah biasanya hanya tersedia ketika acara-acara besar seperti pernikahan atau tasyakuran saja, selain itu jadah juga tidak dipejual belikan, tetapi dengan inovasi ini JARABU dapat diperjual belikan di pasaran karena tampilannya yang unik dan memiliki inovasi rasa jika dibandingkan dengan Jadah aslinya. Konsumen yang pertama dibidik adalah mahasiswa karena lokasi berada di wilayah kampus, untuk harga sangat terjangkau sehingga produk makanan ini bersahabat dengan keuangan mahasiswa.

E.     KEGUNAAN

Manfaat utama yang ingin dicapai adalah pengalaman berwirausaha, selain itu juga ingin memperkenalkan inovasi dari makanan tradisional sehingga masyarakat terpacu untuk membeli dan melakukan inovasinya sendiri. Juga diharapkan dengan usaha ini dapat menghasilkan penghasilan yang ekonomis.








BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
            Usaha ini tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama dalam pembuatannya, bahan baku dari dari produk ini sangat mudah didapatkan hanyalah nasi ketan yang mudah dicari ditoko-toko atau petani langsung, buah, dan gula jawa, jikapun nanti ada kesulitan mencari buah yang dimaksud karena bukan musimnya, maka rasa dapat diganti dengan rasa buah yang lainnya. Bahan yang sudah didapatkan akan dipusatkan pada salah satu anggota kelompok kami. Dalam proses produksi kami tidak melibatkan orang lain karena pembuatannya yang begitu mudah dan cepat. Untuk langkah awal kami hanya membuat dua rasa saja, yaitu buah naga dan mangga, untuk rasa yang lainnya akan kami rencanakan setelah penjualan dari dua rasa ini berhasil.
            Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses produksi antara lain :
1.      Desain produk
Untuk kemasan produk ini menggunakan mika sebagai tempat, dan menggunakan kantong plastik untuk gula jawanya lalu gula jawa ditaruh bersama didalam mika bersama dengan JARABU yang sudah dibentuk bulat-bulat, dengan begitu produk makanan ini akan lebih awet dan higinies.
2.      Lokasi
Lokasi pemasaran produk ini akan difokuskan disekitar wilayah kampus dengan sasaran konsumen yaitu Mahasiswa dan warga sekitar kampus, dikarenakan disekitar kampus belum pernah ada jajanan yang seperti sehingga peluang jajanan ini untuk dikenal akan lebih mudah karena memang belum ada saingan produk lain yang memiliki jenis yang sama.
3.      Pengawasan kualitas
Pengawasan kualitas terdiri dari tiga tahap, yaitu pengawasan bahan baku, proses, dan juga produk jadi. Untuk pengawasan bahan baku dilakukan dengan memilih bahan baku yang masih segar untuk buahnya, selain itu produk ini sama sekali tidak menggunakan bahan adiktif sehingga bahan makanan ini bebas dri bahan kimia, warna dari makanan ini pun diperoleh dari warna alami buah itu sendiri. Pengawasan proses akan dilakukan dengan memastikan bahwa alat-alat yang digunakan selalu bersih dan higinies, selain itu untuk membuat kualitas produk dibuatkan rasa yang lebih banyak lagi. Pengawasan produk jadi dilakukan ketika produk jajanan sudah dikemas,  kemasan yang digunakan akan selalu dipastikan bersih dari kotoran-kotoran.


BAB III
METODE PELAKSANAAN

Metode pelaksanaan pada program ini adalah :

3.1  Identifikasi masalah
`           Masalah utama yang menjadi dasar dari pelaksanaan kegiatan ini adalah semakin tidak populernya makanan tradisional dikalangan masyarakat modern. Analisis SWOT dari usaha ini adalah :
a.       Stength (kekuatan)
Kelebihan yang dimiliki adalah :
1)   Jajanan ini sudah dikenal kalangan masyarakat
2)   Bahan baku yang mudah didapatkan
3)   Produk yang ditawarkan unik dan inovatif
4)   Tanpa zat pengawet produk ini bisa tahan lama
5)   Proses pembuatannya sangat mudah
6)   Jajanan ini memiliki berbagai rasa dan warna
b.      Weakness (kelemahan)
Kemampuan manajerial yang kurang
c.       Opportunities (Peluang)
1)   Belum banyak pesaing
2)   Daya beli konsumen yang cukup tinggi
3)   Masyarakat sekitar yang konsumtif
d.      Threat (Hambatan)
Faktor penghambat adalah kondisi tekstur jajanan yang menjadi sedikit ulet ketika seharian belum dikonsumsi.
3.2  Rencana pemasaran
a.       Analisis peluan pasar
1)   Kandungan gizi pada ketan, gula jawa, buah naga dan buah mangga.
        Kandungan dari ketan putih ternyata sangat beragam tidak banyak orang mengetahuinya, kandungan energi dari ketan putih sebesar 362 kkal,selain itu banayk kandungan yang dimiliki seperti: Protein sebesar 6,7 gr; lemak 0,7 gr; karbohidrat 79,4 gr; kalsium 12 mg; fosfor 148 mg; vitamin B1 0,16 mg. Gula jawa juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut : penghambat penuaan dini; mengobati gejala asma; mengobati obat dari tekanan darah rendah; batuk dan demam; typus; kusta; lepra; mendukung pertumbuhan anak; menguatkan jantung dan gigi; dan meurunkan panas pada pankreas.Buah naga memiliki manfaat sebagai berikut: Meningkatkan siste kekebalan tubuh; memperbanyak energi; menurunkan kolesterol; menambah nafsu makan; melancarkan buang air besar; memperkuat tulang dan gigi; mencegah peyakit kanker; membentuk kembali sel-sel rusak; menurunkan tekanan darah; dan mengandung vitamin B1,B2,B12. Buah mangga memiliki kandungan anti oksidan, anti oksidan dapat membantu tubuh melindungi dari serangan radikal bebas penyebab kanker; dapat menurunkan kadar kolestelor dalam darah karena mengandung serat, vitamin c, dan pectin; menjaga kesehatan kulit, menghilangkan jerawat, dan membersihkan pori-pori; dan dapat menjadi obat panas dalam.
2)   Gaya hidup masyarakat
Jajanan tradisional sering kali digunakan untuk makanan selingan pada pagi hari, selain itu makanan tradisional sering digunakan di acara-acara besar pada masyarakat.
b.      Penentuan daerah penasaran
Pemasaran dari produk akan dimulai dari KOPMA dan juga warung-warung sekitar kampus dengan cara dititipkan, Jika produk ini dapat diterima oleh masyarakat maka wilayah penjualan akan diperluas hingga ke pasar tradisional dan menciptakan brand sendiri.
c.       Strategi produksi
Dalam strategi produksi akan dilakukan produksi  yang berlokasi disalah satu rumah anggota kelompok, proses produksi dari produk ini sangat mudah. Selain itu kemasan yang akan dipakai adalah mika plastik untuk tempat JARABU dan pemakaian kantung plastik untuk tempat dari gula jawa yang sudah dicairkan.
d.      Strategi promosi dan pemasaran
Strategi yang akan dilakukan pada proses promosi dan pemasaran adalah sebagai berikut:
1)   Menjaga kualitas dan kehigienisan dengan memakai buah-buahan segar dan bahan baku yang kualitas baik, selain itu  juga akan menjaga kebersihan dari bahan-bahan baku tersebut.
2)   Menjaga kebersihan lokasi produksi dan menjaga kebersihan dari alat-alat produksi.
3)   Promosi yang menarik akan  dilakukan dengan cara menyebar pamflet dan menyebar brosur di jejaring sosial.
4)   Peningkatan teknologi yang digunakan dan juga kemampuan manajerial.


3.3  Metode pelaksanaan produksi
Lanhkah-langkah pembuatan JARABU “Jadah Rasa Buah”
a.       Beras ketan putih dicuci dan dikukus sampai matang dan ketika matang masukkan kepada ember atau tempat untuk ditumbuk
b.      Masukkan buah-buahan yang sesuai dengan rasa yang akan dibuat kedalam Belender dan hancurkan sampai menjadi bubur.
c.       Ketika buah menjadi bubur masaklah bubur buah tersebut sampai matang.
d.      Ketika sudah matang campurkan bubur buah tersebut ke dalam ember untuk dicampur dengan ketan lalu tumbuk campuran tersebut sampai lembut dan menjadi jadah.
e.       Untuk gula jawa, cairkan gula jawa dengan air dan kemas gula jawa tersebut dengan kantung plastik.
f.       Masukkan jadah yang sudah menjadi bulat-bulat kedalam kemasan termasuk juga gula jawa yang sudah dikamsi dengan kantung plastik.

























BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

4.1  Anggaran Biaya
Tabel 4.1 Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K
NO
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1
Anggaran Produksi
1.250.000
2
Anggaran Promosi
 500.000
3
Anggaran Distribusi
 800.000
4
Dana Administrasi
 11.000
Jumlah
2.561.000

4.2  Jadwal Kegiatan
Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan PKM-K
NO
Kegiatan
Bulan ke-1
Bulan ke-2
Bulan ke-3
Bulan Ke-4


1
Promosi

















2
Persiapan bahan dan alat

















3
Produksi karya

















4
Pemasaran

















5
Pembuatan laporan



































BAB V
 KESIMPULAN DAN SARAN


3.1 Kesimpulan
Dari uraian pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.      Bahwasanya penulis dapat menciptakan JARABU yang higienis dan nikmat  untuk dikonsumsi, selain itu untuk menciptkan farian ini tidak membutuhkan sesuatu yang khusus sehingga mudah untuk disukai masyarakat atau konsumen.
2.      Pelaksanaan kegiatan atau eksekusi dilapangan sudah direncanakan dengan matang sehingga dapat disesuikan dengan kebutuhan konsumen akan produk ini.
3.      Strategi pemasaran ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat disekitar poliwangi,dengan harapan pengenalan produk lebih mudah.

3.2  Saran
1.    Untuk perbaikan kedepannya agar mencapai kriteria produk yang lebih memiliki nilai guna terhadap  masyarakat luas.
2.    Sebagai sarana bagi pembaca untuk menjadi motifasi kedepannya.
















Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota, dan Dosen pembimbing
Biodata ketua pelaksana
A.    Identitas diri
1
Nama Lengkap
Anang Khoirul Rozikin
2
Jenis Kelamin
Laki-laki
3
Program Studi
D3 Teknik Mesin
4
NIM
361421401084
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Banyuwangi, 21 Oktober 1995
6
E-mail
7
Nomor telepon/HP
087802118361

B.     Riwayat pendidikan

SD
SMP
SLTA
Nama institusi
SDN 1 Tegalsari
SMPN 2 Gambiran
SMKN 1 Teglasari
Jurusan
Reguler
Reguler
TKR
Tahun masuk-lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




D.    Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.
Banyuwangi, 28 Oktober 2015
Pengusul,



Anang Khoirul Rozikin
Biodata anggota pelaksana
A.    Identitas diri
1
Nama Lengkap
Jefri Ardiansyah
2
Jenis Kelamin
Laki-laki
3
Program Studi
D3 Teknik Mesin
4
NIM
361421401087
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Banyuwangi, 3 januari 1996
6
E-mail
7
Nomor telepon/HP
089682042186

B.     Riwayat pendidikan

SD
SMP
SLTA
Nama institusi
SDN 2 Sragi
SMP 1 Songgon
SMAN Darussalah
Jurusan
Reguler
Reguler
IPA
Tahun masuk-lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




D.    Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.

Banyuwangi, 28 Oktober 2015
Pengusul,



Jefri Ardiansyah
Biodata anggota pelaksana
A.    Identitas diri
1
Nama Lengkap
M. Heri Wahyudi
2
Jenis Kelamin
Laki-laki
3
Program Studi
D3 Teknik Mesin
4
NIM
361421401065
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Banyuwangi, 21 Mei 1991
6
E-mail
7
Nomor telepon/HP
082141509310

B.     Riwayat pendidikan

SD
SMP
SLTA
Nama institusi
SDN 6 Ganteng
SMP Bustanul Makmur
SMAN 1 Genteng
Jurusan
Reguler
Reguler
IPA
Tahun masuk-lulus
1999-2005
2005-2008
2008-2011

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




D.    Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.

Banyuwangi, 28 Oktober 2015
Pengusul,


M.Heri Wahyudi
Biodata Anggota Pelaksana
A.    Identitas diri
1
Nama Lengkap
M.Riza Agussalim
2
Jenis Kelamin
Laki-laki
3
Program Studi
D3 Teknik Mesin
4
NIM
361521401096
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Banyuwangi, 19 November 1995
6
E-mail
7
Nomor telepon/HP
087755979774

B.     Riwayat pendidikan

SD
SMP
SLTA
Nama institusi
MI Miftahul Hidayah
Mts Salafiyah
SMK Al-azhar
Jurusan
Reguler
Reguler
TKJ
Tahun masuk-lulus
2002-2008
2008-2011
2011-2014

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




D.    Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.

Banyuwangi, 28 Oktober 2015
Pengusul,



M.Riza Agussalim
Biodata Dosen Pembimbing
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Nuraini Lusi, S.Pd., M.T.
2
Jenis Kelamin
Perempuan
3
Program Studi
D3 Teknik Mesin
4
NIK
2014.36.131
5
Tempat dan Tanggal Lahir
Sumenep,17Februari 1989
6
E-mail
7
Nomor telepon/HP
0333-636780

B.     Riwayat Pendidikan

S1
S2
S3
Nama institusi
Universitas Negeri Malang
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
-
Jurusan
Pendidikan Teknik Mesin Produksi
Teknik Mesin Sistem Manufaktur
-
Tahun masuk-lulus
2006-2010
2010-2013
-

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (oral presentation)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1
Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XI (SNTTM) &Thermofluid IV- Universitas Gajah Mada
Optimasi Laju Pengerjaan Material Benda Kerja dan Kekasaran Permukaan pada Proses Pemesinan Wire EDMdengan Metode Taguchi Grey Fuzzy

16-17 Oktober 2012
TeknikMesin – UGM Yogyakarta






D.    Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi atau institusi lainnya)
NO
Nama Pertemuan Ilmiah / Seminar
Judul Artikel Ilmiah
Waktu dan Tempat
1



2



Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.

Banyuwangi, 28 Oktober 2015
Pembimbing,



     Nuraini Lusi S.Pd., M.T





















Lampiran 2. Jutifikasi Anggran Kegiatan
1.      Biaya Produksi
NO
Nama Barang
Kuantitas
Harga satuan (Rp)
Besar Biaya (Rp)
1
Beras Ketan
10 kg
20.000
20.000
2
Buah Naga
10 kg
7.000
70.000
3
Buah mangga
10 kg
10.000
100.000
4
Gula Jawa
5 kg
15.000
75.000
5
Mika Plasrik
5 pack
5.000
25.000
6
Kantung Plastik
5 pack
2.000
10.000
7
Blender
1 Buah
250.000
250.000
8
Kompor
1 Buah
500.000
500.000
9
Tabung gas
1 Buah
200.000
200.000
SUB TOTAL (Rp)
1.250.000

2.      Biaya Promosi
No
Nama Barang
Kuantitas
Harga Satuan (RP)
Besarnya Biaya (Rp)
1
Pamflet
250 Buah
20.000
500.000
SUB TOTAL (Rp)
500.000

3.      Biaya Distributor
No
Nama Barang
Kuantitas
Harga Satuan (RP)
Besarnya Biaya (Rp)
1
Pengantar barang
4 orang
200.000
800.000
SUB TOTAL (Rp)
800.000

4.      Biaya Administrasi
No
Nama Barang
Kuantitas
Harga Satuan (RP)
Besarnya Biaya (Rp)
1
Buku tulis Manajement
2 Buah
5.500
11.000
SUB TOTAL (Rp)
11.000
TOTAL KESELURUHAN (Rp)
2.561.000








Tidak ada komentar:

Posting Komentar