BAB
1
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG MASALAH
Makanan tradisional
adalah makanan yang diwariskan oleh nenek moyang secara turun-temurun,
pembuatannya diajarkan dari generasi yang lama kegenerasi yang baru. Sangat
disayangkan apabila makanan tradisional yang sudah menjadi ciri khas dari
bangsa Indonesia lama-kelamaan akan menghilang karena kalah saing dengan
makanan-makanan yang modern, karena memang masyarakat saat ini lebih cenderung
untuk mengkonsumsi makanan yang lebih menarik tampilannya dan juga lebih fariasi
rasanya.
Salah satu contoh
makanan tradisional yang saat ini hampir hilang adalah “Jadah”. JADAH adalah salah satu makanan tradisional yang terbuat
dari nasi ketan yang sudah dikukus lalu ditumbuk, makanan ini disajikan saat
acara-acara yang penting, misalnya saat pernikahan, saat pegajian atau
acara-acara besar lainnya. Karena terbuat dari ketan maka kandungan yang
terdapat dalam makanan ini adalah karbohidrat yang tinggi,tetapi sayangnya
makanan ini kurang diminati karena memang tidak ada rasa yang lain kecuali rasa
ketan itu sendiri yang bagi masyarakat kurang menarik. Maka perlu dilakukan inovasi
rasa pada makanan ini dan diberi nama JARABU “Jadah Rasa Buah”.
JARABU “Jadah Rasa
Buah” ini terbuat dari ketan yang telah dikukus lalu dicampur dengan aneka rasa
buah yang telah diblender dan dimasak setelah dicampur lalu ditumbuk sampai halus
dan merata. JARABU ini memiliki kelebihan yang sama dengan makanan aslinya yaitu
tahan lama tetapi memiliki rasa buah yang beraneka, selain itu cara makannya juga
menggunakan gula jawa yang dicairkan sehingga menambah kenikmatan dari JARABU
ini. Masyarakatpun dapat melestarikan makanan tradisional dan juga tetap
mendapatkan nutrisi yang lebih.
B. PERUMUSAN MASALAH
1. Bagaimanakah
menciptakan JARABU yang higinies dan nikmat untuk dikonsumsi?
2. Bagaimanakah
metode pelaksanaan produksi JARABU?
3. Bagaimanakah
strategi pemasaran yang akan kami gunakan untuk memperkenalkan inovasi JARABU
ini pada masyarakat?
C. TUJUAN
1. Menciptakan
JARABU yang higinies dan nikmat untuk dikonsumsi.
2. Melaksanakan
metode produksi JARABU.
3. Mengetahui
dan menerapkan strategi pemasaran untuk memperkenalkan inovasi JARABU pada
masyarakat.
D. Luaran yang diharapkan
Dengan usaha ini diharapkan
makanan tradisional dapat berkembang dimasyarakat lagi, dan juga minat pada
makanan tradisional “Jadah” dapat
tumbuh lagi dikalangan masyarakat. JADAH RASA BUAH atau JARABU ini akan
diproduksi dengan berbagai rasa buah.misalnya buah naga, mangga, dan jambu,
tetapi untuk langkah awal hanya akan diproduksi dengan dua rasa terlebih
dahulu, yaitu buah naga dan mangga. selain itu warna dari JARABU sendiri bervariasi
dan alami karena warna diperoleh dari buah yang dicampurkan itu tadi. Jadah
biasanya hanya tersedia ketika acara-acara besar seperti pernikahan atau
tasyakuran saja, selain itu jadah juga tidak dipejual belikan, tetapi dengan
inovasi ini JARABU dapat diperjual belikan di pasaran karena tampilannya yang
unik dan memiliki inovasi rasa jika dibandingkan dengan Jadah aslinya. Konsumen
yang pertama dibidik adalah mahasiswa karena lokasi berada di wilayah kampus,
untuk harga sangat terjangkau sehingga produk makanan ini bersahabat dengan
keuangan mahasiswa.
E. KEGUNAAN
Manfaat utama yang
ingin dicapai adalah pengalaman berwirausaha, selain itu juga ingin
memperkenalkan inovasi dari makanan tradisional sehingga masyarakat terpacu
untuk membeli dan melakukan inovasinya sendiri. Juga diharapkan dengan usaha
ini dapat menghasilkan penghasilan yang ekonomis.
BAB
II
GAMBARAN
UMUM RENCANA USAHA
Usaha ini tidak terlalu membutuhkan waktu yang lama dalam
pembuatannya, bahan baku dari dari produk ini sangat mudah didapatkan hanyalah
nasi ketan yang mudah dicari ditoko-toko atau petani langsung, buah, dan gula
jawa, jikapun nanti ada kesulitan mencari buah yang dimaksud karena bukan
musimnya, maka rasa dapat diganti dengan rasa buah yang lainnya. Bahan yang
sudah didapatkan akan dipusatkan pada salah satu anggota kelompok kami. Dalam
proses produksi kami tidak melibatkan orang lain karena pembuatannya yang
begitu mudah dan cepat. Untuk langkah awal kami hanya membuat dua rasa saja,
yaitu buah naga dan mangga, untuk rasa yang lainnya akan kami rencanakan
setelah penjualan dari dua rasa ini berhasil.
Langkah-langkah yang ditempuh dalam proses produksi
antara lain :
1.
Desain produk
Untuk
kemasan produk ini menggunakan mika sebagai tempat, dan menggunakan kantong
plastik untuk gula jawanya lalu gula jawa ditaruh bersama didalam mika bersama
dengan JARABU yang sudah dibentuk bulat-bulat, dengan begitu produk makanan ini
akan lebih awet dan higinies.
2.
Lokasi
Lokasi
pemasaran produk ini akan difokuskan disekitar wilayah kampus dengan sasaran konsumen
yaitu Mahasiswa dan warga sekitar kampus, dikarenakan disekitar kampus belum
pernah ada jajanan yang seperti sehingga peluang jajanan ini untuk dikenal akan
lebih mudah karena memang belum ada saingan produk lain yang memiliki jenis
yang sama.
3.
Pengawasan kualitas
Pengawasan
kualitas terdiri dari tiga tahap, yaitu pengawasan bahan baku, proses, dan juga
produk jadi. Untuk pengawasan bahan baku dilakukan dengan memilih bahan baku
yang masih segar untuk buahnya, selain itu produk ini sama sekali tidak
menggunakan bahan adiktif sehingga bahan makanan ini bebas dri bahan kimia,
warna dari makanan ini pun diperoleh dari warna alami buah itu sendiri.
Pengawasan proses akan dilakukan dengan memastikan bahwa alat-alat yang digunakan
selalu bersih dan higinies, selain itu untuk membuat kualitas produk dibuatkan
rasa yang lebih banyak lagi. Pengawasan produk jadi dilakukan ketika produk
jajanan sudah dikemas, kemasan yang
digunakan akan selalu dipastikan bersih dari kotoran-kotoran.
BAB III
METODE PELAKSANAAN
Metode
pelaksanaan pada program ini adalah :
3.1 Identifikasi masalah
` Masalah utama yang menjadi dasar dari
pelaksanaan kegiatan ini adalah semakin tidak populernya makanan tradisional
dikalangan masyarakat modern. Analisis SWOT dari usaha ini adalah :
a. Stength (kekuatan)
Kelebihan yang dimiliki adalah :
1)
Jajanan ini sudah dikenal kalangan
masyarakat
2)
Bahan baku yang mudah didapatkan
3)
Produk yang ditawarkan unik dan inovatif
4)
Tanpa zat pengawet produk ini bisa tahan
lama
5)
Proses pembuatannya sangat mudah
6)
Jajanan ini memiliki berbagai rasa dan
warna
b.
Weakness (kelemahan)
Kemampuan manajerial
yang kurang
c.
Opportunities (Peluang)
1)
Belum banyak pesaing
2)
Daya beli konsumen yang cukup tinggi
3)
Masyarakat sekitar yang konsumtif
d.
Threat (Hambatan)
Faktor penghambat adalah kondisi tekstur jajanan yang menjadi sedikit
ulet ketika seharian belum dikonsumsi.
3.2 Rencana pemasaran
a.
Analisis peluan pasar
1)
Kandungan gizi pada ketan, gula jawa,
buah naga dan buah mangga.
Kandungan dari ketan putih ternyata
sangat beragam tidak banyak orang mengetahuinya, kandungan energi dari ketan
putih sebesar 362 kkal,selain itu banayk kandungan yang dimiliki seperti:
Protein sebesar 6,7 gr; lemak 0,7 gr; karbohidrat 79,4 gr; kalsium 12 mg;
fosfor 148 mg; vitamin B1 0,16 mg. Gula jawa juga memiliki berbagai manfaat
sebagai berikut : penghambat penuaan dini; mengobati gejala asma; mengobati
obat dari tekanan darah rendah; batuk dan demam; typus; kusta; lepra; mendukung
pertumbuhan anak; menguatkan jantung dan gigi; dan meurunkan panas pada
pankreas.Buah naga memiliki manfaat sebagai berikut: Meningkatkan siste
kekebalan tubuh; memperbanyak energi; menurunkan kolesterol; menambah nafsu
makan; melancarkan buang air besar; memperkuat tulang dan gigi; mencegah peyakit
kanker; membentuk kembali sel-sel rusak; menurunkan tekanan darah; dan
mengandung vitamin B1,B2,B12. Buah mangga memiliki kandungan anti oksidan, anti
oksidan dapat membantu tubuh melindungi dari serangan radikal bebas penyebab
kanker; dapat menurunkan kadar kolestelor dalam darah karena mengandung serat,
vitamin c, dan pectin; menjaga kesehatan kulit, menghilangkan jerawat, dan
membersihkan pori-pori; dan dapat menjadi obat panas dalam.
2)
Gaya hidup masyarakat
Jajanan tradisional
sering kali digunakan untuk makanan selingan pada pagi hari, selain itu makanan
tradisional sering digunakan di acara-acara besar pada masyarakat.
b.
Penentuan daerah penasaran
Pemasaran dari produk
akan dimulai dari KOPMA dan juga warung-warung sekitar kampus dengan cara
dititipkan, Jika produk ini dapat diterima oleh masyarakat maka wilayah
penjualan akan diperluas hingga ke pasar tradisional dan menciptakan brand
sendiri.
c.
Strategi produksi
Dalam strategi produksi
akan dilakukan produksi yang berlokasi
disalah satu rumah anggota kelompok, proses produksi dari produk ini sangat
mudah. Selain itu kemasan yang akan dipakai adalah mika plastik untuk tempat
JARABU dan pemakaian kantung plastik untuk tempat dari gula jawa yang sudah
dicairkan.
d.
Strategi promosi dan pemasaran
Strategi yang akan dilakukan
pada proses promosi dan pemasaran adalah sebagai berikut:
1)
Menjaga kualitas dan kehigienisan dengan
memakai buah-buahan segar dan bahan baku yang kualitas baik, selain itu juga akan menjaga kebersihan dari bahan-bahan
baku tersebut.
2)
Menjaga kebersihan lokasi produksi dan
menjaga kebersihan dari alat-alat produksi.
3)
Promosi yang menarik akan dilakukan dengan cara menyebar pamflet dan
menyebar brosur di jejaring sosial.
4)
Peningkatan teknologi yang digunakan dan
juga kemampuan manajerial.
3.3 Metode pelaksanaan produksi
Lanhkah-langkah
pembuatan JARABU “Jadah Rasa Buah”
a.
Beras ketan putih dicuci dan dikukus
sampai matang dan ketika matang masukkan kepada ember atau tempat untuk
ditumbuk
b.
Masukkan buah-buahan yang sesuai dengan rasa
yang akan dibuat kedalam Belender dan hancurkan sampai menjadi bubur.
c.
Ketika buah menjadi bubur masaklah bubur
buah tersebut sampai matang.
d.
Ketika sudah matang campurkan bubur buah
tersebut ke dalam ember untuk dicampur dengan ketan lalu tumbuk campuran
tersebut sampai lembut dan menjadi jadah.
e.
Untuk gula jawa, cairkan gula jawa
dengan air dan kemas gula jawa tersebut dengan kantung plastik.
f.
Masukkan jadah yang sudah menjadi
bulat-bulat kedalam kemasan termasuk juga gula jawa yang sudah dikamsi dengan kantung
plastik.
BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1 Anggaran Biaya
Tabel 4.1 Ringkasan Anggaran Biaya PKM-K
NO
|
Jenis Pengeluaran
|
Biaya (Rp)
|
1
|
Anggaran Produksi
|
1.250.000
|
2
|
Anggaran Promosi
|
500.000
|
3
|
Anggaran Distribusi
|
800.000
|
4
|
Dana Administrasi
|
11.000
|
Jumlah
|
2.561.000
|
4.2 Jadwal Kegiatan
Tabel 4.2 Jadwal Kegiatan PKM-K
NO
|
Kegiatan
|
Bulan ke-1
|
Bulan ke-2
|
Bulan ke-3
|
Bulan Ke-4
|
|||||||||||||
1
|
Promosi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Persiapan bahan dan alat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Produksi karya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Pemasaran
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Pembuatan laporan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB
V
KESIMPULAN DAN SARAN
3.1 Kesimpulan
Dari
uraian pembahasan diatas dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Bahwasanya
penulis dapat menciptakan JARABU yang higienis dan nikmat untuk dikonsumsi, selain itu untuk menciptkan
farian ini tidak membutuhkan sesuatu yang khusus sehingga mudah untuk disukai
masyarakat atau konsumen.
2. Pelaksanaan
kegiatan atau eksekusi dilapangan sudah direncanakan dengan matang sehingga
dapat disesuikan dengan kebutuhan konsumen akan produk ini.
3. Strategi
pemasaran ditujukan untuk mahasiswa dan masyarakat disekitar poliwangi,dengan
harapan pengenalan produk lebih mudah.
3.2 Saran
1. Untuk perbaikan kedepannya agar mencapai
kriteria produk yang lebih memiliki nilai guna terhadap masyarakat luas.
2. Sebagai sarana bagi pembaca untuk menjadi
motifasi kedepannya.
Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota, dan Dosen pembimbing
Biodata ketua pelaksana
A. Identitas diri
1
|
Nama Lengkap
|
Anang Khoirul Rozikin
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
3
|
Program Studi
|
D3 Teknik Mesin
|
4
|
NIM
|
361421401084
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Banyuwangi, 21 Oktober 1995
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon/HP
|
087802118361
|
B. Riwayat pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SLTA
|
Nama
institusi
|
SDN
1 Tegalsari
|
SMPN
2 Gambiran
|
SMKN
1 Teglasari
|
Jurusan
|
Reguler
|
Reguler
|
TKR
|
Tahun
masuk-lulus
|
2002-2008
|
2008-2011
|
2011-2014
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral
presentation)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi
atau institusi lainnya)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara
hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM
Kewirausahaan.
Banyuwangi,
28 Oktober 2015
Pengusul,
Anang Khoirul Rozikin
Biodata anggota pelaksana
A. Identitas diri
1
|
Nama Lengkap
|
Jefri Ardiansyah
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
3
|
Program Studi
|
D3 Teknik Mesin
|
4
|
NIM
|
361421401087
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Banyuwangi, 3 januari 1996
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon/HP
|
089682042186
|
B. Riwayat pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SLTA
|
Nama
institusi
|
SDN
2 Sragi
|
SMP
1 Songgon
|
SMAN
Darussalah
|
Jurusan
|
Reguler
|
Reguler
|
IPA
|
Tahun
masuk-lulus
|
2002-2008
|
2008-2011
|
2011-2014
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral
presentation)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi
atau institusi lainnya)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara
hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM
Kewirausahaan.
Banyuwangi,
28 Oktober 2015
Pengusul,
Jefri Ardiansyah
Biodata anggota pelaksana
A. Identitas diri
1
|
Nama Lengkap
|
M. Heri Wahyudi
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
3
|
Program Studi
|
D3 Teknik Mesin
|
4
|
NIM
|
361421401065
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Banyuwangi, 21 Mei 1991
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon/HP
|
082141509310
|
B. Riwayat pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SLTA
|
Nama
institusi
|
SDN
6 Ganteng
|
SMP
Bustanul Makmur
|
SMAN
1 Genteng
|
Jurusan
|
Reguler
|
Reguler
|
IPA
|
Tahun
masuk-lulus
|
1999-2005
|
2005-2008
|
2008-2011
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral
presentation)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi
atau institusi lainnya)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara
hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM
Kewirausahaan.
Banyuwangi,
28 Oktober 2015
Pengusul,
M.Heri
Wahyudi
Biodata Anggota Pelaksana
A. Identitas diri
1
|
Nama Lengkap
|
M.Riza Agussalim
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Laki-laki
|
3
|
Program Studi
|
D3 Teknik Mesin
|
4
|
NIM
|
361521401096
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Banyuwangi, 19 November 1995
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon/HP
|
087755979774
|
B. Riwayat pendidikan
|
SD
|
SMP
|
SLTA
|
Nama
institusi
|
MI
Miftahul Hidayah
|
Mts
Salafiyah
|
SMK
Al-azhar
|
Jurusan
|
Reguler
|
Reguler
|
TKJ
|
Tahun
masuk-lulus
|
2002-2008
|
2008-2011
|
2011-2014
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral
presentation)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi
atau institusi lainnya)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara
hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan
kenyataan, saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan
sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM
Kewirausahaan.
Banyuwangi,
28 Oktober 2015
Pengusul,
M.Riza Agussalim
Biodata Dosen Pembimbing
A. Identitas Diri
1
|
Nama Lengkap
|
Nuraini Lusi,
S.Pd., M.T.
|
2
|
Jenis Kelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program Studi
|
D3 Teknik Mesin
|
4
|
NIK
|
2014.36.131
|
5
|
Tempat dan Tanggal Lahir
|
Sumenep,17Februari
1989
|
6
|
E-mail
|
|
7
|
Nomor telepon/HP
|
0333-636780
|
B. Riwayat Pendidikan
|
S1
|
S2
|
S3
|
Nama institusi
|
Universitas Negeri
Malang
|
Institut
Teknologi Sepuluh Nopember
|
-
|
Jurusan
|
Pendidikan
Teknik Mesin Produksi
|
Teknik Mesin
Sistem Manufaktur
|
-
|
Tahun
masuk-lulus
|
2006-2010
|
2010-2013
|
-
|
C. Pemakalah Seminar Ilmiah (oral
presentation)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
Seminar
Nasional Tahunan Teknik Mesin XI (SNTTM) &Thermofluid IV- Universitas
Gajah Mada
|
Optimasi Laju Pengerjaan
Material Benda Kerja dan Kekasaran Permukaan pada Proses Pemesinan Wire – EDMdengan Metode Taguchi Grey Fuzzy
|
16-17
Oktober 2012
TeknikMesin – UGM Yogyakarta
|
D. Penghargaan dalam 10 tahun terakhir (dari pemerintah, asosiasi
atau institusi lainnya)
NO
|
Nama
Pertemuan Ilmiah / Seminar
|
Judul
Artikel Ilmiah
|
Waktu
dan Tempat
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
Semua data yang saya isikan dan
tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara
hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan,
saya sanggup menerima sanksi. Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya
untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan Hibah PKM Kewirausahaan.
Banyuwangi,
28 Oktober 2015
Pembimbing,
Nuraini Lusi S.Pd., M.T
Lampiran
2. Jutifikasi Anggran Kegiatan
1.
Biaya
Produksi
NO
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga satuan (Rp)
|
Besar Biaya (Rp)
|
1
|
Beras Ketan
|
10
kg
|
20.000
|
20.000
|
2
|
Buah Naga
|
10
kg
|
7.000
|
70.000
|
3
|
Buah mangga
|
10
kg
|
10.000
|
100.000
|
4
|
Gula Jawa
|
5
kg
|
15.000
|
75.000
|
5
|
Mika Plasrik
|
5
pack
|
5.000
|
25.000
|
6
|
Kantung Plastik
|
5
pack
|
2.000
|
10.000
|
7
|
Blender
|
1
Buah
|
250.000
|
250.000
|
8
|
Kompor
|
1
Buah
|
500.000
|
500.000
|
9
|
Tabung gas
|
1
Buah
|
200.000
|
200.000
|
SUB TOTAL (Rp)
|
1.250.000
|
2.
Biaya
Promosi
No
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (RP)
|
Besarnya Biaya (Rp)
|
1
|
Pamflet
|
250
Buah
|
20.000
|
500.000
|
SUB TOTAL (Rp)
|
500.000
|
3.
Biaya
Distributor
No
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (RP)
|
Besarnya Biaya (Rp)
|
1
|
Pengantar barang
|
4
orang
|
200.000
|
800.000
|
SUB TOTAL (Rp)
|
800.000
|
4.
Biaya
Administrasi
No
|
Nama Barang
|
Kuantitas
|
Harga Satuan (RP)
|
Besarnya Biaya (Rp)
|
1
|
Buku tulis Manajement
|
2
Buah
|
5.500
|
11.000
|
SUB TOTAL (Rp)
|
11.000
|
|||
TOTAL KESELURUHAN (Rp)
|
2.561.000
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar